Select Page

Wisata Sumba Tengah – Tak hanya Sumba TImur atau Barat Daya yang terkenal dengan beragam tempat wisatanya, wisata Sumba Tengah juga menyimpan banyak tempat menarik yang patut untuk Anda kunjungi selagi berlibur di pulau ini. Beberapa tempat tujuan wisata di kawasan Sumba Tengah, antara lain :

Air terjun Matayangu

Salah satu air terjun paling unik di Sumba Tengah adalah air terjun Matayangu. Berada di ketinggian sekitar 75 meter, air yang berasal dari air terjun ini mengalir deras ke kolam jernih di bawahnya. Menurut warga setempat, nama Matayangu ini memiliki arti “berhenti di sini”. hal ini mengacu pada kepercayaan penduduk setempat yang meyakini bahwa roh leluhur Marapu menetap di sekitar air terjun ini. Di balik air terjun Matayangu, Anda dapat menemukan sebuah gua kecil. Gua ini hanya dapat Anda temukan saat musim kemarau, karena pada saat itu, volume air di air terjun Matayangu menurun.

Pantai Maloba

Sumba Tengah juga memiliki beberapa pantai cantik, salah satu di antaranya adalah pantai Maloba. Bila dilihat dari kejauhan, pantai ini terlihat begitu indah dengan air birunya yang jernih, pasir putih halus dan batu – batuan yang tersebar di sepanjang garis pantai. Airnya yang jernih dengan ombak yang tenang, membuat Anda yang berkunjung ke sini akan merasa betah berlama – lama menikmati suasana damai yang ditimbulkan.

Hutan Tanadaru

Salah satu wisata Sumba Tengah selain pantai yang menarik untuk dikunjungi adalah hutan Tanadaru. Hutan ini memiliki beberapa spot indah yang tersembunyi di tengah hutan. Saat Anda sampai di sini, Anda akan dibuat takjub dengan pemandangan indah yang dikelilingi oleh ribuan pohon – pohon tinggi yang cukup meneduhkan. Jadi bagi Anda yang kebetulan datang ke sini di siang hari, Anda tak perlu takut gerah atau kepanasan karena suasana disini cukup teduh dan sejuk.

Mamboro

Di Sumba Tengah juga terdapat tempat yang dikenal dengan nama Mamboro. Saat Anda berada di sini, Anda akan disuguhi dengan pemandangan indah dan eksotis berupa hamparan bukit – bukit hijau yang saling menyambung satu sama lainnya, dengan satu jalan sebagai jalur utamanya. Lansekap ini tentu akan membuat liburan ke Sumba Tengah Anda semakin terasa lengkap. Bila datang pada musim kemarau, pemandangannya akan sedikit berbeda karena bukit – bukit yang tadinya berwarna hijau akan perlahan berubah menjadi berwarna coklat keemasan yang tak kalah memukaunya.

Kampung Adat Wawarongu

Seperti beberapa kampung adat Sumba di wilayah lain, wisata Sumba Tengah juga memiliki kampung adat bernama Wawarongu. Kampung adat ini merupakan salah satu tempat ikonik yang menyimpan banyak cerita tentang perjuangan masyarakat setempat di masa lampau. Seperti beberapa kampung adat lain, Kampung Adat Wawarongu memiliki bangunan rumah – rumah tradisional berupa rumah panggung yang memiliki atap berbahan jerami. Di sini, selain menikmati pemandangan yang tak akan Anda dapatkan di tempat lain, Anda juga berkesempatan untuk berbaur dengan penduduk setempat dan mengenal lebih jauh mengenai budaya dan adat istiadat yang masih dipegang teguh oleh masyarakat di sini. Menarik, bukan?

Pantai Konda

Ingin alternatif pantai lain yang dapat Anda kunjungi di kawasan Sumba Tengah? Coba datang ke pantai Konda. Pantai ini memiliki hamparan pasir lembut berwarna putih dan keindahan alam yang masih sangat asri. Pantai Konda merupakan salah satu pantai yang menjadi langganan wisatawan. Tak heran pada saat musim liburan tiba, jumlah pengunjung yang datang ke pantai ini pun meningkat tajam. Oleh karena itu, saat berkesempatan ke Sumba Tengah, pastikan pantai Konda juga masuk ke dalam wishlist liburan Anda.

Jadi, bagi Anda yang tertarik untuk wisata Sumba Timur saat liburan mendatang, Anda dapat mulai merencanakannya dengan memilih agen tour wisata ke Sumba Timur yang memiliki penawaran paket perjalanan yang sesuai dengan keinginan Anda.