Select Page

Wisata Sumba NTT – Bila banyak wisatawan berbondong – bondong mengunjungi Bali karena pesona wisatanya, wilayah Nusa Tenggara Timur sebenarnya memiliki obyek wisata alam hingga budaya yang tak kalah beragam, salah satunya ada di Sumba. beberapa wisata Sumba NTT yang menarik untuk Anda kunjungi di antaranya adalah :

Waikelo Sawah

Waikelo Sawah merupakan salah satu air terjun yang terbesar di Sumba. Pada awalnya, Waikelo Sawah ini digunakan sebagai bagian dari pembangkit listrik tenaga air karena memiliki debit air yang cukup melimpah, yakni sebesar 1.000 liter air per detik. Air terjun yang ada di kaki bukit serta dikelilingi oleh banyak tanaman hijau ini dipercantik dengan adanya sebuah laguna gua dengan sebuah batu besar yang menyerupai pintu masuk. Namun, meski airnya begitu jernih dan segar, pengunjung tidak disarankan untuk berenang di sini.

Kampung Tarung

Selain wisata alam, wisata Sumba NTT juga diperkaya dengan beberapa wisata budaya, salah satunya adalah Kampung Tarung. Terletak diatas bukit dengan panorama kota Wakaibubak, Anda akan merasa seolah dibawa kembali ke masa lampau saat sampai di kampung ini. Rumah – rumah penduduknya merupakan rumah panggung dengan atap jerami, mirip dengan rumah yang ada di Ratenggaro. Rumah – rumah ini berdiri mengelilingi alun – alun desa. Di sini Anda juga dapat menemukan makam – makam megalitik, kuil Marapu, hingga tiang yang dulunya digunakan untuk menggantung kepala musuh.

Di Kampung Tarung juga masih rutin diadakan berbagai tradisi dan ritual seperti Wula Podu yang merupakan festival berburu babi hutan di antara purnama Oktober – November. Untuk menuju kampung ini, dari kota Wakaibubak Anda perlu berkendara dengan naik ojek dengan waktu sekitar 15 menit.

Pantai Bawana

Pantai Bawana merupakan satu di antara banyak pantai cantik yang tersebar di berbagai wilayah Sumba NTT. Karakteristik utama dari pantai Bawana adalah pantai berpasir putih lembut yang dikelilingi oleh tebing – tebing yang tinggi dan indah. Salah satu tebing yang paling unik adalah tebing melengkung yang memiliki lubang besar pada bagian tengahnya. Tebing ini dapat Anda temukan pada satu sisi pesisir pantai Bawana. Bila dilihat dari kejauhan, pantai dengan banyak tebing – tebing tinggi ini bahkan mirip dengan salah satu pemandangan tebing hijau di Irlandia, lho. Pemandangan akan semakin bertambah indah bila Anda datang pada sore hari saat langit mulai berubah keemasan.

Air Terjun Tanggedu

Air terjun Tanggedu merupakan salah salah satu wisata Sumba NTT yang belakangan semakin diminati oleh wisatawan. Saat menuju ke air terjun ini Anda akan melewati terlebih desa – desa tradisional setempat seperti desai Prainatang dan Mondy. Air terjun ini memiliki pemandangan yang indah dan megah dengan susunan bebatuan yang mirip seperti ngarai dan di antaranya mengalir air jernih yang bersumber dari air terjun Tanggedu. Lokasi ini sering pula digunakan untuk river tubing oleh para wisatawan yang gemar dengan olahraga yang menantang adrenalin. Waktu terbaik untuk berkunjung ke sini adalah saat musim kemarau, karena airnya tentu akan lebih jernih dan terlihat berwarna biru tosca.

Makam Megalitik

Makam megalitik merupakan salah satu tempat yang menarik untuk Anda kunjungi saat Anda mengikuti wisata Sumba NTT. Sumba memiliki kompleks makam megalitik yang mirip dengan “Hall of Faces” di serial Game of Thrones. Bahkan tak cuma wajah, di sini Anda bahkan akan menemukan ukiran – ukiran detail yang menggambarkan bangsawan yang meninggal. Makam megalitik ini dapat Anda temui di beberapa desa, seperti desa Pasunga, Ana Bura dan Gallu Bakul, yang memiliki kompleks makam megalitik yang cukup besar dan terawat. Salah satu yang paling terkenal adalah makam megalitik di Pasunga yang berdiri tegak dengan ukiran gambar kepala suku dan istrinya. Konon, saat mereka dimakamkan, dilakukan pengorbanan berupa kerbau sebanyak 150 ekor.