Select Page

Wisata Sumba NTB – ini tentunya menjadi referensi tepat, bagi Anda yang ingin menjelajahi panorama alam timur Indonesia. Lokasi yang satu ini, memang belum setenar Lombok, dan yang lainnya, namun demikian pesona alamnya, tidak kalah cantik dengan kebudayaan lokal yang masih terawat hingga kini.

1. Danau Weekuri

Danau yang berlokasi di Kanena Rongo, Kodi Utara, kab Sumba Barat daya ini, termasuk salah satu objek wisata Sumba NTB yang cukup diunggulkan. Ada yang unik dari danau yang satu ini, jika danau pada umumnya tawar, maka danau ini mempunyai rasa asin. Rasa asin ini sendiri dipercaya berasal dari sela-sela batuan karang yang ada di sekeliling danau, dan berbatasan langsung dengan lautan. Selain unik, danau ini juga cantik, karena memiliki air yang bening, bersih dan warnanya kehijauan, membuat siapa saja ingin langsung terjun ke dalamnya.

2. Pantai Walakiri

Pantai Walakiri adalah objek wisata Sumba NTB berikutnya yang juga terkenal. Lokasinya ada di Watukaba, Pandawai, Kab Sumba Timur. Keindahan alam yang akan Anda saksikan di sini tidak hanya tentang pasir putih dan pantainya yang landau, ketika air laut surut, Anda bisa berjalan-jalan hingga ke pepohonan bakau yang ada di bibir pantai. Untuk aktivitas, tidak perlu khawatir, disini Anda dapat berjemur di tepi pantai, berenang atau juga bersantai di tepi pantai sambil menikmati es kelapa muda, yang dijual di warung pingir pantai.
Selain itu ada satu lagi kegiatan menarik yang juga dapat Anda lakukan di tempat ini, yaitu berburu nyale. Ini adalah salah satu tradisi unik, dimana ketika air laut surut, Anda dapat mencari sarang nyale di antara pasir pantai, atau juga kepiting.

3. Puru Kambera

Puru Kambera sendiri persis seperti padang savana yang ada di Taman Nasional Baluran Banyuwangi. Warga yang tinggal di Puru Kambera ini, kebanyakan berternak hewan dengan cara yang cukup unik, yaitu dilepaskan ke alam liar. Jadi jangan heran, apabila Anda mengunjungi objek wisata yang satu ini, Anda akan menemukan berbagai macam hewan ternak, mulai dari sapi, kambing, atau bahkan babi, yang berdiri di tepi jalan.
Hal unik lainnya yang akan Anda temukan di tempat ini adalah adanya pohon Bila. Buah dari pohon tersebut, adalah salah satu buah favorit dari para hewan yang sedang kehausan. Suasana alam di tempat ini terbilang sangat menarik, lokasinya ada di kawasan perbukitan yang sedikit gersang. Tidak jauh dari sana, terdapat pantai cantik, lengkap dengan suara deru ombak yang menerjang bibir pantai yang landai secara jelas.

4. Kampung Tarung

Kampung Tarung adalah salah satu kampung adat, yang terletak di tengah kota, dan hingga kini masih dipertahankan orisinalitasnya. Berlokasi di Wailiang, kota Waikabubak, Kab Sumba Barat, dimana seorang pemimpin adat di Kampung Tarung tersebut disebut dengan Rato. Adapun kepercayaan yang dianut oleh warga di daerah tersebut, adalah aliran kepercayaan, yaitu kepercayaan Merapu.
Hingga kini rumah adatnya masih berdiri kokoh, walaupun hanya mengandalkan pasak dan juga paku besi. Desain arsitekturnya terbilang sederhana, dengan atap tinggi dan dibalut dengan jerami. Tepat di bagian atap inilah, hingga kini disimpan gabah dan bahan pangan lainnya. Sementara para penghuni tinggal di bagian tengah, sedangkan di bagian bawah rumah biasanya digunakan untuk menyimpan binatang ternak atau juga hewan peliharaan.

5. Nihiwatu Beach

Objek wisata Sumba NTB yang bernama Nihiwatu Beach ini sering kali disebut sebagai salah satu pantai terbaik di Asia. Bagaimana tidak, pantai yang berlokasi di desa Hobawawi, Wanukaka, Sumba Barat ini, memiliki keindahan alam yang tidak kalah cantik dengan pantai Hawaii. Tengok saja pasirnya yang masih bersih, serta air lautnya yang jernih. Belum lagi di sekelilingnya Anda akan melihat lanskap landai dan juga daerah perbukitan nan menghijau. Pastinya membuat siapa saja betah dan ingin selalu kembali ke lokasi tersebut.
Tempat wisata yang satu ini, kini sudah terkenal hingga ke mancanegara, jadi wajar saja, jika di tempat ini, banyak terdapat penginapan berstandar internasional, dan juga aneka fasilitas wisata lainnya.

Selain Anda dapat menikmati keunikan bebatuan besar yang menjadi aksesoris alami di pantai ini, di sini Anda juga dapat melakukan surfing, karena ombaknya yang cukup besar. Anda yang menyukai olahraga snorkeling dan diving, juga dapat mengunjungi tempat tersebut.