Select Page

Paket Wisata Sumba Barat

Bila Anda berkesempatan berkunjung ke Nusa Tenggara Timur (NTT), pastikan pula Anda berkunjung ke Sumba. Sumba memiliki banyak pilihan wisata yang tersebar di berbagai wilayah, salah satunya adalah wisata Sumba Barat. Bagi Anda yang penasaran apa saja yang dapat Anda kunjungi di wilayah Sumba Barat, berikut ini adalah beberapa ulasannya :

Air terjun Dikira

Sumba Barat juga memiliki wisata alam berupa air terjun, yaitu air terjun Dikira. Air terjun ini berada di wilayah Wewewa Timur. Tak hanya menjadi salah satu tujuan wisata di Sumba, air terjun ini juga merupakan penghasil listrik untuk warga setempat, lho. Hal menarik dari air terjun Dikira ini adalah tidak dapat dikunjungi dengan berjalan kaki. Anda yang tertarik berkunjung ke sini harus berenang dahulu untuk menemukan air terjun ini. Namun saat sampai di area air terjun, pengorbanan Anda berenang akan terbayar lunas dengan pemandangan indah yang terlihat saat sampai di sana.

Pantai Pero

Pantai Pero merupakan wisata Sumba Barat lainnya yang menarik untuk dikunjungi. Berlokasi tidak jauh dari kampung Ratenggaro, Anda dapat sekaligus menikmati keindahan pantai ini. Salah satu hal unik di pantai Pero ini adalah pemandangan berupa bentangan pasir putih yang diapit dua perairan. Di sisi lainnya, Anda dapat menikmati pemandangan batu – batu karang yang memecah ombak. Suasananya yang tenang dapat menjadi pilihan tujuan wisata bagi Anda yang ingin melepas penat,

Danau Weekuri

Danau Weekuri dapat Anda temukan di kawasan Kodi Utara. Tempatnya yang sulit untuk dijangkau membuat danau ini belum banyak dikunjungi. Namun, bila Anda menyukai tempat wisata yang masih sangat alami, danau Weekuri dapat menjadi pilihan tepat. Danau ini memiliki air yang jernih dan segar dengan pemandangan sekitar yang akan memanjakan mata Anda.

Kampung Ratenggaro

Tak hanya wisata alamnya, wisata Sumba Barat juga memiliki wisata budaya yang menarik untuk dikulik. Salah satu yang telah banyak dikunjungi adalah kampung Ratenggaro. Lokasi kampung ini berada di desa Umbuh Ngedo, Sumba Barat, tak jauh dari Kodi. Di kampung Ratenggaro, Anda dapat melihat lebih dekat keunikan rumah adat khas Ratenggaro yang sekilas mirip dengan beberapa rumah adat lain di kawasan Nusa Tenggara. Konsep dari rumah adat Ratenggaro ini adalah memiliki 3 bagian rumah, yaitu bagian atas, tengah, dan bawah.

Rumah pada bagian atas digunakan sebagai ruang untuk menyimpan bahan makanan untuk keperluan sehari – hari, area tengah digunakan sebagai tempat aktivitas anggota keluarga, sementara pada bagian bawah biasanya dimanfaatkan untuk menyimpan ternak. Di kampung ini, tak hanya belajar lebih dekat dan mengamati rumah adatnya, Anda pun dapat leluasa berinteraksi dengan penduduk lokal yang tinggal tak jauh dari kawasan ini, lho.

Pantai Mandorak

Keindahan Sumba Barat lainnya dapat Anda peroleh saat berkunjung ke pantai Mandorak. Dengan kontur tebing – tebing hijau berukuran besar yang mengapitnya, pantai ini memiliki keindahan alam yang luar biasa. Saat Anda telah bosan bermain – main di pasir putih di tepi pantai, Anda dapat menuju area tebing untuk menikmati lautan dengan warna biru tosca dari ketinggian. Karena ombak dapat menjadi cukup besar di waktu – waktu tertentu, selalu berhati – hati ya saat mendaki tebing untuk lebih dekat dengan laut.

Tanjung Bwana

bila Anda suka menikmati pemandangan dari ketinggian, namun tak ingin bersusah payah naik gunung, Anda dapat memilih untuk datang ke Tanjung Bwana ini. Tanjung yang merupakan salah satu wisata Sumba Barat yang terkenal ini memisahkan 2 pantai, yaitu pantai Bwana dan pantai Watu Maladong. Dari atas tanjung, Anda dapat melihat pemandangan kedua pantai sekaligus, lho. Bila Anda tak ingin naik menapaki tanjung, Anda pun tetap berkesempatan memiliki foto – foto keren di sekitar pantai dengan background berupa tebing dengan lubang ditengahnya yang menyerupai sebuah gerbang.