Select Page

Wisata alam pulau Sumba – akan menjadi lokasi berlibur yang pas, bagi Anda yang berjiwa petualang, dan yang menyukai keindahan alam. Ulasan kali ini akan membahas beberapa obejk wisata alam pulau Sumba yang cantik, dan pastinya harus Anda kunjungi, ketika berlibur ke pulau tersebut.

1. Pantai Londa Lima

Pantai yang satu ini berlokasi di Kuta, Waingapu, Sumba, adalah salah satu objek wisata alam pulau Sumba yang menarik untuk dikunjungi. Pantai Londa Lima ini memiliki karakter yang tak jauh berbeda, dengan pantai lain di kawasan Sumba. Memiliki pasir putih nan cantik, air lautnya yang jernih, serta memiliki pantai yang landai. Sehingga tidak mengherankan, jika pantai yang lokasinya dekat dengan kota Waingapu ini, kerap menjadi lokasi berlibur akhir pekan bagi masyarakat setempat.

2. Pantai Pero

Pantai Pero sendiri berlokasi di Pero Batang Kodi, Sumba Barat. Lanskap pantai ini memang cukup unik, berupa teluk, dengan hilir sungai tidak langsung ke laut, melainkan terpisah oleh sebuah daratan pasir putih, dengan bentuk mirip seperti jembatan alami. Adapun bagian yang menjorok ke tengah bibir pantai, banyak dihiasi batuan karang, yang mampu menghambat ombak laut ke daratan. Walau demikian, pantai ini masih belum banyak dikunjungi oleh wisatawan, ini memiliki panorama alam yang sangat menarik, yang harus Anda kunjungi.

3. Pantai Marosi

Objek wisata alam pulau Sumba berikutnya masih tentang pantai, yaitu pantai Marosi yang berlokasi di Jl. Marosi, Patiala Bawa, Lamboya, Sumba Barat. Pantai cantik ini membentang sepanjang 3 kilometer di Sumba Barat. Anda yang ingin menikmati keindahan sunset yang indah, tentunya dapat mengunjungi pantai yang satu ini. Dibanding lokasi pantai lain yang ada di Sumba, lokasi pantai yang satu ini termasuk yang mudah untuk dikunjungi. Lantaran akses jalan menuju pantainya sudah cukup bagus. Walau demikian, kendaraan umum ke lokasi tersebut masih belum ada. Jadi ketika Anda ingin berkunjung ke kawasan tersebut, sebaiknya menyewa motor atau mobil terlebih dahulu.

4. Air Terjun Matayangu

Objek wisata alam pulau Sumba berikutnya adalah air terjun Matayangu. Berlokasi di Manurara, Katikutana Selatan, Sumba Tengah, atau berada di tengah Taman Nasional. Air terjun cantik ini memiliki ketinggian sekitar 75 meter. Selain memiliki keindahan alam yang sangat cantik, ada yang unik dari air terjun yang satu ini, dan pastinya tidak akan Anda temukan di lokasi air terjun lainnya, yaitu adanya sebuah gua kecil dibalik air terjun yang indah tersebut. Mengunjungi air terjun, dan menyambangi goa kecil di dalamnya, tentunya akan menjadi pengalaman unik, dan tidak akan terlupakan.

5. Bukit Persaudaraan

Apabila Anda ingin mencuci mata dengan melihat pemandangan nan menghijau, maka Bukit Persaudaran tempatnya. Bukit yang berlokasi di Mauliru, Kambera, Sumba Timur ini, menjadi cukup populer, berkat keindahan alam yang disuguhkan. Bukit cantik ini benar-benar memanjakan mata Anda. Dimana sejauh mata memandang, Anda akan melihat kawasan perbukitan serta aneka pepohonan yang menghijau. Karena keindahan alam inilah, yang membuat lokasi tersebut, pernah dijadikan sebagai lokasi syuting salah satu film nasional.

6. Pantai Watuparunu

Pantai di Sumba Timur yang bernama Pantai Watuparunu ini, tidak kalah cantik dengan pantai lain di pesisir barat. Walaupun lokasinya cukup jauh dari pusat kota Waingapu, tepatnya di Lain Janji, Wula, Waijelu, Sumba Timur. Namun keindahan alam pantai yang disajikan sebanding dengan pemandangan serta keindahan pantai lainnya. Adapun salah satu keistimewaan lain yang dimiliki oleh pantai yang satu ini, adalah adanya Tebing Batu Putih. Lokasi ini yang kemudian menjadi magnet bagi para wisatawan.

7. Pantai Kerewei

Masih tentang pantai, objek wisata alam pulau Sumba lainnya adalah pantai Kerewei. Ini adalah salah satu pantai cantik, yang tentunya tidak boleh Anda lewatkan ketika berlibur ke pulau Sumba. Lokasinya ada di Patiala Bawa, Lamboya, Sumba Barat, panorama alam yang disuguhkan oleh pantai ini sangat cantik. Pesisir pantai yang ditumbuhi oleh nyiur nan melambai, pasir putih nan bersih, ombak yang mengalun tenang. Pastinya membuat para wisatwan merasa terbuai karenanya. Tidak hanya itu, lokasi pantai ini juga cukup dekat dengan Kota Waikabubak, Anda hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 1 jam saja, untuk sampai ke pantai tesebut. Pastikan Anda naik ke atas bukit, guna mengabadikan Pantai Kerewei yang bentuknya seperti sebuah teluk.